Friday, April 29, 2016

Teori Pembelajaran Java Netbeans

Teori Pembelajaran Java Netbeans : Netbeans


Sejarah Singkat Pemrograman Java
Bahasa pemrograman Java yang pada awalnya bernama bahasa pemrograman OAK dipelopori oleh James Gosling, Patrick Naughton, Chris Warth, Ed Frank dan Mike Sheridan dari Sun Microsystem, Inc pada tahun 1991, ketika perusahaan tersebut memulai Green Project (proyek penelitian membuat bahasa pemrograman yang dapat berajalan diatas berbagai platform). Hal ini merupakan sebuah terobosan yang cukup besar sebab sebelumnya aplikasi-aplikasi yang dikembangkan untuk system operasi (dan perangkat keras) tertentu hanya akan bias berjalan dengan baik diatas system operasi tertentu pula. Dengan kata lain, dimasa lalu ,aplikasi yang ditulis diatas sebuah system operasi (misalnya Windows)hampir mustahil bias dijalankan di atas system operasi lain(contoh Unix/Linux). Upaya yang dilakukan James Gosling dari Sun Microsystem ini cukup berhasil. Bahasa pemrograman Java saat ini bias digunakan untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi desktop (menggunakan JSE[Java Standard Edition]), aplikasi-aplikasi yang berjalan dilingkup enterprise dan internet(JEE[Java Enterprise Edition]), serta aplikasi-aplikasi yang berjalan disarana-sarana komputasi yang terbatas sumberdaya pemrosesan dan terbatas sumber daya penggunaan memorinya(JME[Java Micro Edition]), contohnya telepon seluler,PDA, dan sebagainya. Versi awal Java ditahun 1996 sudah merupakan versi release sehingga dinamakan Java Versi 1.0. Java versi ini menyertakan banyak paket standar awal yang terus dikembangkan pada versi selanjutnya:
  • java.lang: Peruntukan kelas elemen-elemen dasar.
  • java.io: Peruntukan kelas input dan output, termasuk penggunaan berkas.
  • java.util: Peruntukan kelas pelengkap seperti kelas struktur data dan kelas kelas penanggalan.
  • java.net: Peruntukan kelas TCP/IP, yang memungkinkan berkomunikasi dengan komputer lain menggunakan jaringan TCP/IP.
  • java.awt: Kelas dasar untuk aplikasi antarmuka dengan pengguna (GUI)
  • java.applet: Kelas dasar aplikasi antar muka untuk diterapkan pada penjelajah web.
Karakteristik Pemrograman Java

Sifat-sifat pemograman java antara lain : berorientasiobjek, terdistribusi, multiplatform, dan
multithread.

A.Java berorientasi Objek
Penulisan program harus dibuat dalam bentuk objek-objek,kemudian memodelkan sifat masing-masing objek dalam program. Java menentukan dan mengatur interaksi antar objek.

B.Java bersifat terdistribusi
Java dapat digunakan untuk menyebarkan /mendistribusikan data atau informasi dalam workstation client,email server,daabase server, dan webserver(dalam jaringan komputer lokal dan internet).

C. Java bersifat multiplatform
Program java yang sudah diterjemaahkan /dikompilasi dengan benar dan berhasil dapat dijalankan pada platform yang lain atau pada sistem operasi yang lain.
Java menggunakan prinsip WORA(Write Once and Run Anywhere). Sekali menuliskan program maka hasil programmnya dapat dijalankan pada sistem operasi mana saja.Artinya sekali menulis program dalam bahasa Java dan mengkompilasinya maka program tersebut dapat dijalankan pada berbagai system operasi, seperti DOS, Windows, Linux, MacOS, Solaris

D. Java Bersifat Multithread
Adalah banyaknya pekerjaan yang dikerjakan dalam satuan waktu yang hampir bersamaan. Sebagai contoh, suatu web server mempunyai ratusan client server—beberapa client yang mengakses web server secara bersamaan. Jika web server tersebut hanya mempunyai satu thread, berartui client yang lain harus menunggu. Oleh karena itu di butuhkan multithread untuk dapat melayani client server.
 
Jenis Program Java

Program Java dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu applet dan aplikasi :
a.Applet
Applet adalah program yang dibuat dengan Java, dapat diletakan di web server dan di akses melalui web browser.dalam hal ini browser yang digunakan adalah yang memiliki kemampuan Java (misalnya Netscape Navigator, Interner Explorer, Mozzila Firefox).

b.Aplikasi
Aplikasi adalah program yang dibuat dengan Java yang bersifat umum. Aplikasi dapat dijalankan secara langsung,tidak perlu perangkat lunak browser untuk menjalankannya. Aplikasi dapat anda bayangkan seperti program yang anda tulis dengan bahasa c atau pascal. Setelah di kompilasi, anda dapat mengeksekusinya secara langsung.
Tipe Data

Java memiliki delapan tipe data primitive, meliputi 4 tipe untuk bilangan bulat, 2 tipe untuk bilangan pecahan dan sisanya untuk karakter dan Boolean.



 

Berikut kita bahas secara singkat dan padat mengenai keempat kategori tipe data diatas.

Tipe Bilangan Bulat (Integer)
Ada empat macam tipe bilangan bulat.Perbedaan masing-masing tipe data terletak pada jangkauan nilai yang dicakup.Tipedata  integer digunakan untuk operasi data bilangan bulat dan perhitungan arimatika. Berikut keempat tipe data yang tercakup kedalam kategori integer.



Berikut keempat tipe data yang tercakup kedalam kategori integer.
 
Tipe Bilangan Pecahan (Floating Point
Pada dasarnya digunakan ketika kita mempunyai situasi dimana mendapatkan hasil atau output dalam bentuk desimal dan seluruh angka yang tidak disebutkan dalam tipe data integer. Dua tipe data yang berkaitan dengan bilangan pecahan adalah float dan double.


 
Tipe Data karakter (Char)
Tipe data Character digunakan untuk mendefinisikan sebuah karakter yang merupakan simbol dalam karakter Set, seperti huruf dan angka. Keyword tipe data Character ini yaitu char, dengan ukuran 16 bit.         

Tipe Data Boolean 
Tipe data Boolean digunakan untuk menangani keadaan logika atau keadaan dengan dua kemungkinan nilai. Nilai yang dapat digunakan adalah true(benar) dan False(salah).

Variabel
Variabel adalah suatu tempat menampung data atau konstanta dimemori yang mempunyai nilai atau data yang dapat berubah-ubah selama proses program. Atau bisa juga di jelaskan Variabel menyatakan suatu lokasi di dalam memori komputer yang digunakan untuk menyimpan suatu nilai dannilai yang ada di dalamnya bisa diubah. Variabel dapat di bayangkan suatu tempat, tempat dapat diisi pada suatu saatdan pada saat lain dapat di ubah.


Dalam peberian nama variabel, mempunyai ketentuan-ketentuan antara lain, tidak boleh ada spasi(cth :gaji bersih) dan dapat menggunakan tanda garis bawah ( _ ) sebagai penghubung ( cth : gaji_bersih ). Tidak boleh diawali oleh angka dan menggunakan operator aritmatika.Pembacaan variable dalam pemrograman java bersifat case sensitive

Mendeklarasikan Variabel
Deklarasi Variabel adalah proses memperkenalkan variabel kepada java dan pendeklarasian tersebut bersifat mutlak karena jika tidak diperkenalkan terlebih dulu maka java tidak menerima variabel tersebut. Deklarasi Variabel ini meliputi tipe variabel, seperti : integer atau character dan nama variabel itu sendiri. Setiap kali pendeklarasian variabel harus diakhiri oleh tanda titik koma (;).

 

Menempatkan Nilai kedalam Variabel
Setelah pendeklarasian Variabel dilaksanakan, selanjutnya variabel tadi bisa anda masukan nilai kedalam variabel. Berikut cara yang mudah untuk menempatkan nilai kedalam variabel.
Berikut Bentuk penulisannya :

nama variabel = nilai;

Contoh Penempatan Nilai kedalam Variabel :

nama_mahasiswa = "Irvan Y. Ardiansyah";
grade = 'A';
rata_rata = 95.75;
nilai1 = 90; nilai2 = 95;

Java bisa juga memperbolehkan memberikan nilai yang sama kebeberapa nama variabel yang berbeda.
Seperti contoh dibawah ini:

a = c = d 7;

Pada contoh diatas variabel a, c, dan d masing-masing berisi nilai 7.

Konstanta
Konstanta merupakan variabel yang tidak dapat diubah lagi nilainya. Di Java pembuatan konstanta dapat menggunakan kata kunci final pada awal deklarasi variabel.
Contoh :
final int nilaiAkhir = 100;

Membuat Komentar
Pada bahasa pemrograman manapun komentar program biasa digunakan untuk memberikan penjelasan
baris atau blok program suapaya pembaca program atau programer lainnya supaya bisa mengerti bagian-
bagian program tersebut. Ada 3 (tiga) cara memberikan komentar program pada Java, yaitu :

a. End Of Line Comment ( // )
Komentar dengan tanda slash ganda ( // ) disebut dengan end-of-line comment, karena semua perintah program, komentar-komentar atau penjelasan program berada setelah tanda slash ganda, semua dianggap sebagai komentar dan komentar hanya satu baris saja. Sebagai contoh:
// isi komentar program
// a = b c;

b. Multiple Line Comment ( /* */)
Komentar dengan tanda slash dan asterik ( / * */) disebut dengan Multiple-Line Comment, karena ini, perintah program, komentar-komentar atau penjelasan program berada dalam apitan tanda slash dan asterik, semua dianggap sebagai komentar, dan komentar bisa lebih dari satu baris. Sebagai contoh :
/* isi komentar program bisa
terdiri dari beberapa baris komentar
atau informasi */

c. Javadoc Comment ( /** */)
Komentar dengan tanda slash ganda didepan dan asterik ( /** */) disebut dengan Javadoc Comment. Penggunaannya sama seperti Multiple Line Comment, akan tetapi penggunaannya untuk dokumentasi-dokumentasi didalam program. Sebagai contoh : Semua komentar program atau penjelasan program pada saat program java dicompile tidak ikut serta dicompile, karena tidak dianggap sebagai suatu baris
program.




Konsep Pemrograman Berorientasi Objek

Pemrograman berorientasi Objek yang populer pada masa kin menjadikan objek sebagai komponen utama dalam program.Objek menggabungkan data dan fungsi sebagai suatu satu kesatuan. Sedangkan pada pemrograman yang tidak berorientasi objek, fungsilah yang menjadi perhatian utama. Pendekatan pemrograman berorientasi objek membuat pengembangan program dapat dilakukan dengan lebih mudah, mengurangi duplikasi kode dan mengurangi kesalahan.

Pada pemrograman berorientasi objek terdapat dua istilah yang sangat terkenal yaitu kelas dan objek. Kedua istilah ini sering di pertukarkan. Untuk lebih memudahkan pemahaman tentang objek, saya beri sebuah contoh : Meja, Kursi, Jam Dinding dan yang lainnya merupakan contoh objek. Objek yang disebutkan tadi umumnya berada didalam sebuah ruangan, ruangan apabila kita melihatnya dari sebuah rumah bisa juga dikategorikan sebuah objek dan rumah jika dilihat dari cara pandang yang lebih luas lagi juga merupakan objek. Jadi sebuah Objek merupakan suatu bentuk atau model yang tergantung dari cara pandang objek dimaksud.

Meja, Kursi, Jam Dinding ada dalam sebuah Ruangan.
Ruang A, Ruang B, dan Ruang yg lain berada dalam sebuah Rumah.
Rumah 1, Rumah 2 dan Rumah yang lain juga berada didalam suatu tempat yang lebih luas yaitu Bumi, Dst.

Dan bukan tidak mungkin didalam Objek Jam Dinding terdapat objek-objek yang lain yang lebih kecil misalnya Batterai, Gear, dll. Cara pandang kita dari sebuah Ruangan, Rumah atau Bumi merupakan Class apabila kita melihatnya dalam Pemrograman.
 
 

Setiap objek memiliki Atribut dan Method. Atribut adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan karakteristik objek. Seperti Tipe, Model, Pintunya, Kusennya menggunakan kayu apa?, Warna Catnya, merupakan salah satu atribut dari Rumah. Sedangkan Method dari Rumah adalah dapat melindungi dari panas, hujan, angin. Jadi Method merupakan Fungsi atau segala sesuatu yang dapat dilakukan Objek.

Setiap objek memiliki Atribut dan Method. Atribut adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan karakteristik objek. Seperti Tipe, Model, Pintunya, Kusennya menggunakan kayu apa?, Warna Catnya, merupakan salah satu atribut dari Rumah. Sedangkan Method dari Rumah adalah dapat melindungi dar panas, hujan, angin. Jadi Method merupakan Fungsi atau segala sesuatu yang dapat dilakukan Objek.

 

Seseorang yang ingin membagi pengalaman dan ilmu yang berguna untuk para pembaca FajarYusuf.Com :)

2 comments

hallo gan, untuk memulai sebuah program java, agan punya contoh soal ga gan untuk saya kerjakan ? saya sendiri belom ngerti karna saya masih belajar pascal, tp saya bertanya tanya bagaimana bentuk soal atau hasil jadi dari sebuah program netbeans. terima kasih gan.

Untuk ujian pemrograman kuliah ya gan? :) Nnti ya saya coba dulu.. klo ingin tau contoh program jadi Java netbeans silakan agan ikuti materinya sampai habis

Cobalah untuk memilih Pelajaran Pemrograman dan belajar dari Materi Pertama
EmoticonEmoticon


TENTANG SITUS

SITUS INI ADALAH SITUS PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN DAN JUGA PEMAHAMAN TERHADAP TEKNOLOGI KOMPUTER. KALIAN BISA MENGIKUTI PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN DENGAN BERTAHAP PADA MATERI YANG SUDAH SAYA SEDIAKAN, JIKA ADA MATERI YANG MEMBINGUNGKAN SILAKAN LAKUKAN KOMENTAR PADA MATERI YANG ANDA TANYAKAN ATAU KALIAN BISA MENGHUBUNGI SAYA DIHALAMAN KONTAK.

https://smallseotools.com/