Wednesday, May 4, 2016

Latihan05 (Membuat Jframe Form dan Objek Swing)

Latihan05 (Membuat Jframe Form dan Objek Swing) : Netbeans

Netbeans memiliki taskpane palette dimana didalamnya terdapat objek-objek yang kita butuhkan untuk pembuatan form java. Untuk menampilkan palette pada Netbeans dapat memilih menu window -> Palette atau dapat menekan Ctrl+Shift+8.



Di dalam palette memiliki beberapa package object yang dapat digunakan untuk pembuatan form. Salah satunya yang sering digunakan adalah package Swing Controls, dan masing-masing package memiliki berbagai macam fungsi yang berbeda-beda tergantung dari aplikasi apa yang akan dibuat.

Untuk pemakaiannya sendiri anda dapat memilih salah satu objek yang akan digunakan dan meletakannya ke dalam form. Semua object pada palette memiliki properties yang berbeda- beda begitu pula dengan fungsinya. Pembuatan form dengan menggunakan palette terkesan begitu mudah, karena cukup memilih object lalu meletakannya ke dalam form. Untuk lebih jelasnya berikut contoh form aplikasi menggunakan JFrame Form dan Palette:

1. Klik kanan pada package yang anda punya lalu pilih New  JFrame Form

2. Beri nama Frame1. Perlu diketahui pada saat kita membuat JFrame Form, form ini dijadikan juga sebagai main class. Oleh karena itu, nama form yang kita buat adalah sama dengan nama class. Jika form yang kita buat diberi nama Frame1, maka secara otomatis memiliki nama class Frame1.

3. Kemudian rancang form seperti gambar dibawah ini.



Untuk mengubah Text dan/atau variable name masing-masing object, anda dapat meng-klik kanan pada object.


Tujuan dari pengubahan text dan/atau variable name ini adalah agar programmer lebih mudah mengingat masing-masing object yang ada di dalam form. Hal ini berpengaruh terhadap source code yang akan diketik nantinya.
Proses dari program ini adalah kita input nilai1 dan nilai2 lalu tekan Enter untuk menampilkan hasilnya. Ada beberapa event yang dapat kita fungsikan di setiap object yang kita buat, dan masing-masing event memiliki fungsinya. Untuk mendapatkan hasil dari perkalian nilai1 dan nilai2, kita membutuhkan event KeyPressed karena disini kita menggunakan tombol Enter.

TextField Nilai2 kita berikan event KeyPressed karena tombol Enter di tekan setelah meng-input Nilai2. Dengan kata lain, proses di program sederhana ini berada di TextField Nilai2 yang kita ubah variable name-nya menjadi tNilai2.

Selanjutnya kita coba untuk pengetikan source code-nya :
private void tNilai2KeyPressed(java.awt.event.KeyEvent evt) {
// TODO add your handling code here:
if(evt.getKeyCode()==KeyEvent.VK_ENTER){
int a=Integer.parseInt(tNilai1.getText());
int b=Integer.parseInt(tNilai2.getText());
int e=a*b;
tHasil.setText(Integer.toString(e));
}
}

Setiap nilai yang akan dikalkulasikan harus di konversi ke tipe data yang sesuai. Mengapa seperti itu? Karena setiap nilai yang diinput ke dalam TextField secara otomatis memiliki tipe data String, dimana tipe data tersebut tidak dapat dikalkulasikan. Oleh karena itu, sangat diperlukan adanya proses konversi dalam perhitungan ini. Begitu pula dengan pemberian nilai ke TextField dimana nilai tersebut harus berupa String, karena TextField hanya dapat menampung nilai inputan berupa tipe data String saja. Dapat dilihat di baris akhir source code di atas, tHasil akan menerima nilai hasil perkalian nilai1 dan nilai2.

Ada dua jenis peng-konversi-an dalam java. Integer.parseInt(tNilai1.getText()), artinya nilai tNilai1 diambil dan dikonversi ke tipe data Integer, hal ini dapat juga disebut sebagai persiapan kalkulasi. Sedangkan tHasil.setText(Integer.toString(c)), memiliki makna bahwa TextField tHasil akan diberikan nilai yang diambil dari variable c (variable penampung) yang memiliki tipe data Integer dan dengan method Integer.toStringnilai tersebut diubah mejadi String agar dapat diterima oleh TextField tHasil.


Catt:
“int a” merupakan pendeklarasian variable secara langsung di dalam event. Pengetikkan tipe data dalam membuat program java memiliki beberapa perbedaan. Sebagai contoh, untuk deklarasi variable tipe data integer menjadi “int a”, namun pada saat proses konversi tipe data, integer diketik “Integer” dengan huruf kapital “I”. Terkecuali untuk tipe data String, pengetikannya harus “String” bukan “string”, baik itu dalam pendeklarasian variable maupun konversi tipe data

Silakan di run -run file


Hasil programnya seperti berikut ,saat kita menginput nilai dua lalu tekan enter(tNilai2KeyPressed) maka hasil akan muncul perkalian antara Nilai 1 dan Nilai 2(int e=a*b;).


Jika ada pertanyaan silakan berkomentar....








Reviewer: FajarYusuf.Com
ItemReviewed: Latihan05 (Membuat Jframe Form dan Objek Swing)

Seseorang yang ingin membagi pengalaman dan ilmu yang berguna untuk para pembaca FajarYusuf.Com :)

TENTANG SITUS

SITUS INI ADALAH SITUS PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN DAN JUGA PEMAHAMAN TERHADAP TEKNOLOGI KOMPUTER. KALIAN BISA MENGIKUTI PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN DENGAN BERTAHAP PADA MATERI YANG SUDAH SAYA SEDIAKAN, JIKA ADA MATERI YANG MEMBINGUNGKAN SILAKAN LAKUKAN KOMENTAR PADA MATERI YANG ANDA TANYAKAN ATAU KALIAN BISA MENGHUBUNGI SAYA DIHALAMAN KONTAK.