Memahami Konsep Dasar Bahasa Program Java

Memahami Konsep Dasar Bahasa Program Java : Android Studio

Untuk kalian yang ingin membuat dan mengembangkan Aplikasi Android. Namun masih terkendala dalam logika pemrograman Java. Karena Android dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman Java, intinya kita harus mengenali dan memahami dulu ,syntax(tata bahasa) dalam pemrograman Java. Belajar syntax bahasa java sama halnya ,saat kita ingin belajar grammar di bahasa inggris untuk berbicara. Seperti saat kita ingin ke luar negeri  ,minimal kita harus punya kemampuan bahasa inggris yang cukup ,untuk memahami budaya dan orang-orang sekitar.


Sebagaimana bahasa yang memiliki konsep OOP memiliki karakteristik yang sangat terciri dengan sifat dari bahasa pemrograman berkonsep OOP pada pemrograman Java yang mendasar yaitu :
  • Class : Class yaitu sebuah pola dari model – model object. Atau bisa disebut dengan cetakan, kenapa saya sebut cetakan karena merupakan suatu prototipe dari variable – variable dan method – method secara umum. Misalnya saya analogikan class itu sebagai cetakan kue, dimana cetakan kue itu dapat membuat kue – keu yang beraneka ragam dan berbeda rasa, sama class juga dapat membuat object – object yang berbeda – beda sesuai dengan kebutuhan kita. Contoh kode java sebuah class dan di dalamnya terdapat object.
  • Object : Object yaitu  merupakan hasil dari CLASS . contoh manusia, binatang dll.
  • Abstraction : Abstraction yaitu cara kita melihat suatu sistem dalam bentuk yang lebih sederhana, yaitu sebagai suatu kumpulan subsistem (object) yang saling berinteraksi.
  • Modularity : Modularity sifat object adalah modular. Object dapat ditulis dan di mantain terpisah (independen) dari object lain sehingga terjadinya suatu interaksi dalam sebuah sistem program yang antara objek satu dengan yang lainnya dalam satu lingkup sistem program itu sendiri .
  • Encapsulation : Encapsulation (Pengkapsulan) yaitu suatu penerapan yang menyembunyikan suatu proses dalam sistem. Agar tidak bisa terlihat yang bertujuan hanya memberikan hak akses kepada yang  dituju yang bertujuan menghindari interfensi dan menyederhanakan penggunaan sistem itu sendiri.
  • Inheritance : Inheritance (Pewarisan) Merupakan sifat yang mengambarkan penurunan sifat dalam CLASS sehingga dapat membentuk hirarki CLASS  yang berupa penurunan atribut dan  method  kepada  CLASS  lain.
  • Constructor : Constructor yaitu method yang digunakan untuk memberikan nilai awal pada saat object diciptakan. Interface memungkinkan beberapa class berbagi method dan variabel standard tanpa perlunya sebuah class baru untuk digunakan sebagai superclass.
  • Polymorphisme : Polymorphisme (Banyak Bentuk dan Rupa) yaitu suatu object dapat memiliki berbagi bentuk, sebagai object dari classnya sendiri atau object dari superclassnya.
  • Package : Package yaitu kumpulan dari beberapa CLASS file.
  • Interface : Interface yaitu untuk multiple inheritance.


Modifier merupakan sebuah ijin hak akses untuk penggunaan suatu atribut atau method, pada suatu Package dan Class. Terdapat empat 4 jenis Modifier yaitu public ,private,protected ,no modifier. Contohnya nya kalian bisa melihat gambar berikut:
  • Public dapat di akses dari class yang sama,package yang sama ,subclass ,dan package lain.
  • Protected dapat diakses dari class yang sama ,package yang sama ,subclass, tapi tidak dapat diakses dari package lain.
  • Private hanya dapat di akses oleh class yang sama.
  • No Modifiers dapat diakses dari class dan package yang sama.






Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Memahami Konsep Dasar Bahasa Program Java "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel