Kegunaan Flash Disk USB yang Tak Lagi Dipakai

Kegunaan Flash Disk USB yang Tak Lagi Dipakai














Dalam beberapa tahun ke belakang, flash disk menjadi salah satu perangkat yang tak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Keberadaan flash disk USB menggantikan posisi disket dan hadir dengan desian yang lebih mungil. Namun kini jaman telah lebih canggih, dan semua data pun bisa ditransfer secara langsung tanpa harus menggunakan flash disk USB. Terlebih saat ini layanan cloud storage banyak tersedia dan gratis.

Dengan kondisi seperti itu, sebuah flash disk USB pun terkadang menjadi barang yang kurang begitu dimanfaatkan. Daripada teronggok sia-sia, ada beberapa fungsi dari sebuah flash disk USB yang mungkin bisa Anda manfaatkan. Berikut ini adalah lima di fungsi flash disk USB lawas yang tak lagi Anda gunakan sehari-hari.
  • 1. Menjalankan aplikasi portable
Saat ini cukup banyak aplikasi portable yang bisa digunakan. Memakai aplikasi portable memungkinkan Anda untuk menjalankan sebuah aplikasi tanpa harus melakukan instalasi terlebih dulu.
  • 2. Menjalankan sistem operasi
Sebuah sistem operasi kini juga bisa dijalankan melalui sebuah flash disk USB, baik itu Windows ataupun Linux. Dan penggunaan flash disk pun memberikan kemudahan pada proses booting PC kalau komputer terindikasi terserang virus.
  • 3. Pengaman komputer
Flash disk juga dapat dipakai untuk memberikan jaminan keamanan data di komputer. Dengan sebuah aplikasi pengaman seperti Predator, akses ke file tertentu pun bisa dibatasi.
  • 4. Meningkatkan performa komputer
Kalau ingin meningkatkan performa komputer, juga bisa dilakukan dengan menggunakan flash disk USB lama yang tak lagi terpakai. Salah satu aplikasi yang bisa dipakai antara lain adalah ReadyBoost.
  • 5. Tes website
Bagi para pemilik website, flash disk juga bisa dipakai untuk melakukan pengujian web sebelum diluncurkan. Dengan menggunakan aplikasi Server2Go, pengujian web bisa dilakukan secara langsung dari flash disk.





Jangan Lupa Like Dan Sharenya :)

Hormat saya fajaryusuf.com
Artikel Terkait:
Disqus Comments