Perintah-perintah pada BATCH

Perintah-perintah pada BATCH



@ : Simbol ini sering ditulis sebagai @ ECHO OFF untuk mencegah ditampilkannya perintah disebelah kanan layar dalam batch file, sehingga yang ditampilkan hanya hasilnya.

ECHO : Digunakan untuk menampilkan pesan dalam batch file. Contoh, “ECHO Hello“ digunakan untuk menampilkan pesan Hello pada Program (Command Prompt,etc).

ECHO ON : berfungsi menampilkan secara lengkap perintah BATCH berikut hasilnya dan ECHO OFF : hanya menampilkan hasilnya saja. Digunakan untuk memberikan jarak satu baris kosong pada layar

REM : Kependekan dari perintah REMARK. Merupakan suatu perintah yang mengakibatkan suatu baris perintah menjadi tidak berfungsi, akan diabaikan dan tidak diproses

PAUSE : Merupakan perintah untuk meminta satu ketikan tombol sembarang, dimana pesan yang ditampilkan adalah Press any key to continue… Untuk menghilangkan pesan tersebut dapat diketikan PAUSE > NUL.

GOTO : Digunakan untuk pergi atau pindah ke perintah tertentu, seperti GOTO LABEL. Merupakan contoh dari perintah GOTO

CALL : Digunakan untuk memanggil (menggunakan) file batch lain, karena apabila kita tidak menuliskan perintah CALL pada suatu penulisan Batch file dimana kita memerlukan file tersebut maka proses akan berhenti pada perintah tersebut.

: : Digunakan jika kita ingin membuat sebuah kategori / label. Hal ini memungkinkan kita untuk melompat kebagian tertentu dari sebuah Batch file.

:: : Digunakan jika kita ingin menambah suatu komentar atau tulisan dalam Batch file tanpa harus ditampilkan atau mengeksekusi baris komentar ketika file batch dijalankan.

CHOICE : Memungkinkan Batch File dan Script file menunggu user untuk memilih satu set pilihan yang ditulis dalam batch file

CLS : Menghapus layar, membersihkan layar program dari perintah – perintah.

EXIT : Keluar dari aplikasi (Jendela DOS/Script tool)

IF : Digunakan untuk memeriksa kondisi tertentu jika kondisi tersebut tersedia.

SHIFT : Perubahan posisi parameter dalam Batch file

START : Menjalankan suatu aplikasi

DATE : Menampilkan prompt tanggal 

TIME : Menampilkan prompt waktu

PROMPT : Menampilkan direktori yang sedang aktif

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perintah-perintah pada BATCH"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel