Tips Cepat Belajar Codeigniter

 

Tips Cepat Belajar Codeigniter

Introduction :


Apakah kamu seorang pemula untuk CodeIgniter atau Pro pakai CodeIgniter, selalu ada banyak cara untuk membuat proses belajar lebih mudah. Saya telah mengumpulkan 10 Tips Cepat Belajar CodeIgniter, untuk membuat belajar kamu dengan CodeIgniter lancar.
 
1. Ikuti struktur CI default. 

CodeIgniter dilengkapi dengan struktur pola standar MVC. Ikuti struktur dasar ini. Hal ini cukup umum untuk sebagian besar kerangka kerja dan untuk CI juga. Jika menggunakan MVC struktur penggunaannya jadi seperti ini : Controller untuk login, Model untuk interaksi database dan Views untuk HTML.

2. Formulir Gunakan CI validasi. 

Codeigniter menyediakan built-in form fitur validasi, yang sangat mudah digunakan. Saya merekomendasikan menggunakan form CI validasi. Tersedianya fasilitas untuk menetapkan aturan, menjalankan validasi dan pesan layar.Untuk menetapkan aturannya kamu dapat menggunakan sintaks berikut: 
$This-> form_validation-> set_rules ();Contoh:
$This-> form_validation-> set_rules ( 'email', 'Email', 'required'); 

Kamu juga dapat mengatur aturan Cascading seperti ini: 
$This-> form_validation-> set_rules ( 'email', 'Email', 'required | max_length [12] | is_unique [users.email]');
 
3. Sanitasikan inputan Kamu. 

Selalu bersihkan inputan kamu sebelum mengirimkan data ke database. Hal ini sangat penting untuk aplikasi untuk mencegah SQL (Structured Query Language) suntikan dan untuk menyimpan data hanya berlaku ke dalam database. Pastikan bahwa kamu selalu membersihkan inputan.Dalam CodeIgniter kamu dapat menggunakan metode berikut untuk membersihkan inputan kamu: 
$Karyawan = $this-> keamanan-> xss_clean ($karyawan);Dengan menetapkan global (config) pengaturan di CodeIgniter, Kamu dapat menjalankan filter ini secara otomatis setiap kali ada posting yang diminta atau data cookie yang diambil.$Config [ 'global_xss_filtering'] = TRUE;Catatan: Sanitize_filename () juga digunakan untuk cross-check input file dari pengguna.

4. Lindungi situs kamu dari Cross-Site Request Forgery (CSRF). 

Untuk melindungi situs dari serangan CSRF selalu aktifkan pengaturan CodeIgniter untuk perlindungan CSRF. Untuk mengaktifkannya, buka file konfigurasi Anda dan cari kode yang ditulis di bawah ini:

$ Config [ 'csrf_protection'] = TRUE;

5. Cobalah untuk menggunakan styling CI-preffered dan berkomentar.

 CodeIgniter menyediakan set yang sangat baik dari gaya dan komentar untuk memformat kode kamu dengan baik. Ini bekerja jika semua orang menggunakan rekomendasi yang sama untuk kerangka. Itu cara pengembang untuk dapat memahami kode yang kamu tulis.
 
6. Gunakan teknik caching seperti Query Caching.

 CI memberikan kelas database yang digunakan untuk cache pertanyaan kamu dan mengurangi beban database. CodeIgniter beban kelas ini secara otomatis. Kamu tidak perlu melakukannya secara manual jika caching diaktifkan. Kamu dapat mengaktifkan cache di dalam file database.php, di bawah direktori config.$db['default'] = array(
'dsn' => '',
'hostname' => 'localhost',
'username' => '',
'password' => '',
'database' => '',
'dbdriver' => 'mysqli',
'dbprefix' => '',
'pconnect' => FALSE,
'db_debug' => (ENVIRONMENT !== 'production'),
'cache_on' => FALSE,
'cachedir' => '',
'char_set' => 'utf8',
'dbcollat' => 'utf8_general_ci',
'swap_pre' => '',
'encrypt' => FALSE,
'compress' => FALSE,
'stricton' => FALSE,
'failover' => array(),
'save_queries' => TRUE
);

Catatan: Kamu dapat mencoba teknik cache yang berbeda juga, seperti memcached dan CI3 juga terintegrasi dengan Redis.

7. Hapus index.php dari URL. 

Selalu hapus URL index.php untuk URL SEO friendly-. Mengubah kode .htaccess kamu untuk membuatnya bekerja.Sebagai contoh:Untuk mengubah file konfigurasi:
$ Config [ 'index_page'] = "index.php"

ke
$ Config [ 'index_page'] = ""Untuk mengubah dalam file .htaccess:

RewriteEngine OnRewriteCond% {REQUEST_FILENAME}! -fRewriteCond% {REQUEST_FILENAME}! -dRewriteRule ^ (. *) $ Index.php / $ 1 [L]

8. Jangan gunakan kode PHP, gunakan alternatif di CodeIgniter. 

Saya sarankan bahwa kamu tidak menulis kode PHP kamu sendiri. Cari alternatif CI untuk semua yang anda ingin terapkan.

9. Buat helper untuk fungsi kamu yg paling sering digunakan.

 Untuk fungsi yang paling umum digunakan selalu buat helper. Helper hanya satu set fungsi untuk fungsi tertentu atau kategori. Untuk menggunakan helper, Kamu harus beban mereka. Mereka tidak memuat secara default.
Ini adalah cara memuat helper:$ This-> load-> helper ( 'HELPER_NAME'); 

10. Config harus memiliki semua informasi konfigurasi.
 Menyimpan semua file konfigurasi di bawah direktori config. Jika mereka berada di luar direktori kamu mungkin tidak dapat menemukan mereka dengan mudah. Dalam jangka panjang, meletakkan file ke direktori akan membantu ketika kamu sedang bekerja pada proyek-proyek besar.Catatan: Selalu memuat apa yang diperlukan untuk aplikasi kamu. Jangan memuat segala sesuatu yang tidak diperlukan. Untuk itu, Kamu dapat menggunakan konstruktor controller kamu, jika kamu hanya ingin memuat bagian dari fungsi tersebut.

Ada banyak cara lain untuk mempermudah pekerjaan kamu ketika membangun proyek dengan CodeIgniter. Saya harap 10 tips CodeIgniter ini akan membuat pengalaman kamu dengan CodeIgniter yang lebih baik.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Cepat Belajar Codeigniter"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel