Tuesday, November 20, 2018

Algoritma Adalah



ALGORITMA ADALAH

Bahasa pemrograman sekarang ini semakin banyak dipelajari oleh banyak orang terutama dalam pendidikan. Hal ini terkait dengan kemajuan jaman yang menjadikan teknologi sebagai hal penting untuk menunjang kemajuan ditambah lagi kemajuan teknologi tiap tahunnya. Untuk kamu yang ingin mempelajari bahasa pemrograman, hal dasar yang harus kamu pahami adalah algoritma pemrograman tersebut. Untuk dapat mengerti apa itu algoritma pemrograman, berikut pembahasannya.

Dalam ilmu matematika dan ilmu komputer, algoritma adalah urutan atau langkah-langkah untuk penghitungan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah yang ditulis/dirancang secara terurut. Sehinnga arti dari Algoritma pemrograman adalah suatu urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer.

Dalam pemrograman, hal yang paling penting untuk dipahami adalah logika kita dalam berpikir bagaimana cara untuk memecahkan masalah pemrograman yang akan kita buat. Sebagai contoh, banyak permasalahan dalam matematika yang mudah jika diselesaikan secara tertulis, tetapi cukup sulit jika kita terjemahkan ke dalam pemrograman kan. Dalam hal ini, algoritma dan logika pemrograman akan sangat penting dalam pemecahan masalah tersebut.

Contoh algoritma dalam ilmu matematika seperti berikut :
Algoritma untuk menghitung nilai x dari persamaan x = 3y + 8
Algoritmanya adalah:
Mulai
Tentukan nilai y
Hitung nilai x = 3y + 8
Cetak nilai y dan x
Selesai
Maka bisa kita simpulkan algoritma alah sebuah jantung ilmu komputer, tetapi tidak semua algoritma selalu identik dengan ilmu komputer saja ya. Dalam kehidupan sehari-hari, terdapat banyak proses yang berkaitan dalam suatu proses algoritma loh. Misalnya cara memasak air, cara menggunakan sendok, dan lainnya.

Jika kita buat algoritma memasak air 800ml akan seperti di bawah ini:
Masukkan 800 ml air kedalam panci
Nylakan kompor
Masak air dengan kompor
Tunggu hingga mendidih
Matikan kompor
Tunggu air sampai keadaan tidak panas
Air minum siap disajikan

Algoritma dalam hal persiapan dapat dibagi dalam dua bentuk penyajian yaitu tulisan dan gambar. Algoritma yang disiapkan dengan tulisan yaitu dengan struktur bahasa tertentu (misalnya bahasa Indonesia atau bahasa Malaysia) dan juga pseudocode. Pseudocode adalah kode yang mirip dengan kode pemrograman yang sebenarnya seperti C & Pascal sehingga tepat digunakan dalam menggambarkan algoritma yang akan dikomunikasikan kepada pembuat program/programmer.

Sedangkan untuk algoritma yang disiapkan dengan bentuk gambar adalah dengan flowchart. Flowcart adalah bagan yang menunjukkan alur/flow di dalam program atau merupakan prosedur sistem secara logika. Flowcart digunakan untuk alat bantu komunikasi secara pembacaan diagram alur dan untuk dokumentasi.

Kriteria Algoritma


  1. Ada Output, mengacu pada definisi algoritma, suatu algoritma haruslah mempunyai output yang hrus merupakan solusi dari masalah yang sedang diselesaikan.
  2. Efektifitas dan Efesiensi, Dikatakan efektif jika algoritma tersebut menghasilkansuatu solusi yang sesuai dengan masalah yang diselesaikan dalam arti algoritma harus tepat sasaran.
  3. Bisa disebut efisiensi jika waktu proses suatu algoritma berjalan lebih singkat dan penggunaan memori(byte) komputernya lebih sedikit.
  4. Jumlah Langkahnya Berhingga/Dibatasi, maksudnya adalah barisan instruksi yang dibuat harus dalam suatu urutan tertentu atau harus berhingga agar masalah yang dihadapi dapat diselesaikan dengan tidak memerlukan waktu relatif lama dan berulang ulang.
  5. Pembuatan algoritma tidak harus bergantung pada salah satu bahasa pemrograman manapun, artinya penulisan algoritma independen dari bahasa pemrograman dan komputer yang telaksanakannya.


Reviewer: FajarYusuf.Com
ItemReviewed: Algoritma Adalah

Seseorang yang ingin membagi pengalaman dan ilmu yang berguna untuk para pembaca FajarYusuf.Com :)

2 comments

Wagelaseh dimana mana ngitung, ga akuntansi ga IT wkwkwk

Wkwk semua butuh perhitungan gan agar stabil

TENTANG SITUS

SITUS INI ADALAH SITUS PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN DAN JUGA PEMAHAMAN TERHADAP TEKNOLOGI KOMPUTER. KALIAN BISA MENGIKUTI PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN DENGAN BERTAHAP PADA MATERI YANG SUDAH SAYA SEDIAKAN, JIKA ADA MATERI YANG MEMBINGUNGKAN SILAKAN LAKUKAN KOMENTAR PADA MATERI YANG ANDA TANYAKAN ATAU KALIAN BISA MENGHUBUNGI SAYA DIHALAMAN KONTAK.