Thursday, November 15, 2018

Cara Membaca Program Go


Cara Membaca Program Go

Mari kita lihat program di materi sebelumnya secara lebih rinci. Program Go dibaca dari atas ke bawah, dari kiri ke kanan. (seperti buku) baris pertama jika diartikan seperti ini:
package main
Ini dikenal sebagai "deklarasi paket". Setiap program Go harus dimulai dengan deklarasi paket. Paket adalah cara Go mengatur dan menggunakan kembali kode. Ada dua jenis program Go: executable dan libraries. Aplikasi executable adalah jenis program yang dapat kita jalankan langsung dari terminal. (pada Windows mereka memiliki akhiran .exe). Program libraries adalah kumpulan kode yang kita paketkan bersama sehingga kita dapat menggunakannya dalam program lain. Kami akan menjelajahi libraries lebih detail nanti, untuk saat ini, pastikan untuk menyertakan baris ini dalam program apa pun yang kamu tulis.

Baris selanjutnya adalah garis kosong. Komputer merepresentasikan baris baru dengan karakter khusus (atau beberapa karakter). Baris baru, spasi dan tab dikenal sebagai spasi (karena kamu tidak dapat melihatnya). GOLANG kebanyakan tidak peduli tentang spasi, saya menggunakannya untuk membuat program lebih enak dibaca. (Kamu dapat menghapus baris ini dan program akan berperilaku dengan cara yang persis sama)

Lalu arti dari  ini:
import "fmt"
Kata kunci import adalah bagaimana saya memasukkan kode dari paket lain untuk digunakan dengan program saya. Paket fmt (singkatan dari format) mengimplementasikan pemformatan untuk input dan output. Mengingat apa yang baru saja kita pelajari tentang paket, apa yang kamu pikir file paket fmt akan berisi di bagian atas?. 

Perhatikan bahwa fmt di atas dikelilingi oleh tanda kutip ganda. Penggunaan tanda kutip ganda seperti ini dikenal sebagai "string literal" yang merupakan jenis "ekspresi". Dalam string Go mewakili urutan karakter (huruf, angka, simbol, dsb) dari panjang yang pasti. String dijelaskan secara lebih rinci nanti, tetapi untuk saat ini hal yang penting untuk diingat adalah bahwa karakter " pembuka akhirnya harus diikuti oleh karakter lain" dan apa pun di antara keduanya dimasukkan dalam string. 

Garis yang dimulai dengan // dikenal sebagai komentar. Komentar diabaikan oleh kompilator Go dan ada untuk kepentingan kamu sendiri (atau siapa pun yang mengambil kode sumber untuk program kamu). Go mendukung dua gaya komentar yang berbeda: 
// komentar di mana semua teks antara // dan akhir baris adalah bagian dari komentar 
/ * * / komentar di mana segala sesuatu di antara * adalah bagian dari komentar. (Dan mungkin termasuk beberapa baris)

Setelah ini Anda melihat deklarasi fungsi:
func main () {fmt.Println ("Hello World")}
Fungsi adalah blok bangunan dari program Go. Mereka memiliki input, output dan serangkaian langkah yang disebut pernyataan yang dijalankan secara berurutan. Semua fungsi dimulai dengan kata kunci func diikuti dengan nama fungsi (main dalam kasus ini), daftar nol atau lebih "parameter" yang dikelilingi oleh tanda kurung, jenis pengembalian opsional dan "body" yang dikelilingi oleh tanda kurung kurawal {}. Fungsi ini tidak memiliki parameter, tidak mengembalikan apa-apa dan hanya memiliki satu pernyataan. Nama main adalah khusus karena itu adalah fungsi yang dipanggil ketika kamu menjalankan program.

Bagian terakhir dari program saya adalah baris ini:
 fmt.Println ("Hello World")
Pernyataan ini terbuat dari tiga komponen. Pertama kita mengakses fungsi lain di dalam paket fmt yang disebut Println (itu adalah bagian fmt.Println, Println berarti Garis Cetak). Kemudian saya membuat string baru yang berisi Hello World dan Run (juga dikenal sebagai panggilan atau eksekusi) yang berfungsi dengan string sebagai argumen pertama dan satu-satunya.

Pada titik ini kita sudah melihat banyak terminologi baru dan kamu mungkin sedikit kewalahan. Terkadang sangat membantu untuk dengan sengaja membaca program kamu dengan keras. 😊



MATERI GOLANG

Jika kamu baru di pembelajaran golang, silakan untuk belajar dari materi pertama 


Reviewer: FajarYusuf.Com
ItemReviewed: Cara Membaca Program Go

Seseorang yang ingin membagi pengalaman dan ilmu yang berguna untuk para pembaca FajarYusuf.Com :)

TENTANG SITUS

SITUS INI ADALAH SITUS PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN DAN JUGA PEMAHAMAN TERHADAP TEKNOLOGI KOMPUTER. KALIAN BISA MENGIKUTI PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN DENGAN BERTAHAP PADA MATERI YANG SUDAH SAYA SEDIAKAN, JIKA ADA MATERI YANG MEMBINGUNGKAN SILAKAN LAKUKAN KOMENTAR PADA MATERI YANG ANDA TANYAKAN ATAU KALIAN BISA MENGHUBUNGI SAYA DIHALAMAN KONTAK.