Coding Adalah



Coding Adalah

Pasti kalian beranggapan coding adalah pemrograman atau pembuatan program, padahal coding hanyalah langkah dalam pemrograman. Coding adalah suatu aktifitas menerjemahkan suatu rumusan logika dari pseudocode atau diagram alur ke dalam suatu bahasa pemrograman baik terdiri dari berbagai macam huruf, angka, dan simbol yang membentuk program.

Untuk mengcoding program kita harus mengikuti sintaks-sintaks yang berlaku dibahasa program yang kita gunakan. Sedangkan arti dari sintaks sendiri adalah aturan-aturan penulisan dalam bahasa pemograman. Bahasa pemograman memiliki aturan bahasa sendiri, sama seperti bahasa manusia. Tetapi komputer tidak bisa memaafkan seandainya kita menggunakn aturan tersebut dengan salah. Jika sintaks yang kita masukkan tidak sesuai maka program pun tidak akan jalan dan ada error row dan kolom yang muncul untuk diperbaiki.

Saat kita sedang melakukan coding memang tidak mudah, walaupun kelihatannya hanya menterjemahkan dari pseudocode atau algoritma yang telah dirancang dengan rapih. Tetapi keterampilan untuk coding bisa diasah dengan cara rajin berlatih, juga sudah terbiasa dalam mengalami syntax error. Sebelum melakukan coding tentunya kita harus memahami algoritma dari program apa yang ingin kita buat.


Coding memang tidak mudah tetapi juga tidak sulit, kalau kita baru memulai untuk coding, tentu akan terasa sangat susah. Karena sering salah, sering mengalami syntax error. Hal tersebut sering membuat kita patah semangat dan akhirnya menyerah untuk tidak melanjutkan pembuatan program tesebut. Jika kita menemui kesulitan sebaiknya kita bertanya pada orang lain yang lebih berpengalaman dibidang coding atau kita melihat-lihat referensi di buku atau google untuk menangani syntax yang benar.

Tidak cuma coding, menulis algoritma juga membutuhkan keterampilan daya imajinasi yang kuat loh. Membuat program itu bagaikan membuat seni, algoritma adalah polanya, sedangkan coding itu pengaplikasian ke dunia nyata dari pola algoritma tersebut. Yang perlu kita lakukan hanya melakukan coding secara berulang-ulang sampai kita menemui feel dari coding tersebut, tentu coding akan terasa sangat menyenangkan jika kita sudah merasakannya.

Kita harus bisa membayangkan dalam pikiran kita program apa yang akan kita buat. Lalu mengimplementasikannya dengan menu menu coding yang ada. Jika kita suda bisa seperti itu, pekerjaan mengcoding program akan sangatlah menyenangkan. Karena mebuat algoritma ini sifatnya bebas, yang perlu kita capai adalah mengimplementasikan kebebasan algoritma tersebut kedalam suatu program. Dan bagaimana tahap-tahapnya sehingga menjadi program yang sesuai kita inginkan. Kita tidak dituntut untuk menggunakan cara tertentu agar mendapat final state tertentu. Karena kebebasan inilah yang membuat algoritma ini menjadi menyenangkan.

Ternyata coding itu bisa kita kuasai juga dengan latihan terus menerus, walaupun memang tidak mudah. Memang perlu latihan yang keras agar coding itu dapat dengan mudah kita taklukan. Kita perlu banyak bertanya pada orang yang lebih berpengalaman dibidang coding, membaca referensi. Jika kita rajin berlatih dan sabar maka kegiatan coding pun tidak akan serumit yang kita rasakan saat kita masih awal mengetahui bagaimana cara untuk coding.

Sebelum mulai coding, kita juga perlu tahu bagimana saja bahasa pemrograman yang kita gunakan itu dalam bekerja, sintaks-sintaksnya seperti apa yang diterapkan oleh bahasa tersebut. Hal tesebut sangat perlu kita ketahui agar kita tidak terlalu beripikir keras saat melakukan coding. Karena coding membutuhkan pemikiran yang cukup ekstra, walaupun seseorang yang sudah berpengalaman dalam coding sekalipun. Tetap semangat coding ya teman teman 😊

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Coding Adalah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel