Tuesday, November 20, 2018

Pernyataan FOR GOLANG

Pernyataan FOR GOLANG

Pernyataan FOR berguna untuk kita dapat mengulang daftar pernyataan yang lain beberapa kali. Mari kita coba contoh sederhana dari FOR dengan koding berikut:
package main
import "fmt"
func main() {   
i := 1   
for i <= 10 {       
fmt.Println(i)       
i = i + 1    } }
output membuat urutan angka 1-10

Pertama kita membuat variabel yang disebut i yang kita gunakan untuk menyimpan nomor yang ingin kita cetak. Kemudian kita buat for loop dengan menggunakan kata kunci FOR, selanjutnya kita membuat ekspresi kondisional yang benar atau salah untuk dieksekusi. FOR LOOP berfungsi seperti ini:
  1. Kita mengevaluasi ungkapan i <= 10 ("i kurang dari atau sama dengan 10"). Jika ini bernilai benar maka kita jalankan pernyataan di dalam blok. Kalau tidak, kita melompat ke baris berikutnya dari program setelah blok. (dalam hal ini tidak ada apa-apa setelah pengulangan sehingga kita keluar dari program)
  2. Setelah kita menjalankan pernyataan di dalam blok, kita kembali ke awal pernyataan awal dan ulangi langkah 1.

Garis i = i + 1 sangat penting, karena tanpa jika tidak , i <= 10 akan selalu mengevaluasi ke benar dan program tidak akan pernah berhenti. (Ketika ini terjadi, ini disebut sebagai loop tak terhingga)
Sebagai evaluasi, saya akan menjelaskan urutan program diatas seperti berikut :
  1. Buat variabel bernama i dengan nilai 1 
  2. Apakah i <= 10? jawabannya Iya . 
  3. Cetak i 
  4. Atur i menjadi i + 1 (sekarang i sama dengan 2) 
  5. Apakah i <= 10? jawabannya iya. 
  6. Cetak i 
  7. Atur i menjadi i + 1 (sekarang i sama dengan 3) 
  8. ... (sampai i sama dengan 10)
  9. Atur i menjadi i + 1 (sekarang i sama dengan 11) 
  10. Apakah i <= 10? Jawabannya Tidak. 
  11. Tidak ada yang tersisa untuk dilakukan, jadi program akan keluar


Bahasa pemrograman lain memiliki banyak tipe loop yang berbeda (While Do, Until, foreach, ...) tetapi Go hanya memiliki satu yang dapat digunakan dalam berbagai cara yang berbeda. Program sebelumnya juga bisa ditulis seperti berikut :
func main () {
for i:=1;
i<= 10;
i ++ {
fmt.Println (i)}}

Sekarang ekspresi kondisional juga mengandung dua pernyataan lain dengan titik koma di antara keduanya. Pertama kita memiliki inisialisasi variabel, kemudian kita memiliki kondisi untuk memeriksa setiap kali dan akhirnya kita "menambah" variabel. (menambahkan 1 ke variabel sangat umum sehingga kita memiliki operator khusus: ++. Demikian juga mengurangi 1 dapat dilakukan dengan -)

Kita akan melihat cara pengulangan di GO pada Materi Selanjutnya. 😊

Seseorang yang ingin membagi pengalaman dan ilmu yang berguna untuk para pembaca FajarYusuf.Com :)

Cobalah untuk memilih Pelajaran Pemrograman dan belajar dari Materi Pertama
EmoticonEmoticon


TENTANG SITUS

SITUS INI ADALAH SITUS PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN DAN JUGA PEMAHAMAN TERHADAP TEKNOLOGI KOMPUTER. KALIAN BISA MENGIKUTI PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN DENGAN BERTAHAP PADA MATERI YANG SUDAH SAYA SEDIAKAN, JIKA ADA MATERI YANG MEMBINGUNGKAN SILAKAN LAKUKAN KOMENTAR PADA MATERI YANG ANDA TANYAKAN ATAU KALIAN BISA MENGHUBUNGI SAYA DIHALAMAN KONTAK.

https://smallseotools.com/