Saturday, November 17, 2018

STRING PADA GOLANG

STRING PADA GOLANG

String adalah urutan karakter dengan panjang tertentu yang digunakan untuk merepresentasikan teks. String Go dibuat dari byte individual, biasanya satu byte untuk setiap karakter. (Karakter dari bahasa lain seperti bahasa Kanji, Bahasa Cina, dsb diwakili oleh lebih dari satu byte).

Literal string dapat dibuat menggunakan tanda kutip ganda "Hello World" atau back ticks `Hello World`. Perbedaan antara keduanya adalah bahwa string yang dikutip ganda tidak dapat berisi baris baru dan dapat memungkinkan urutan pelarian khusus. Misalnya \ n diganti dengan baris baru dan \ t diganti dengan karakter tab.

Beberapa operasi umum pada string termasuk mencari panjang string: len ("Hello World"), mengakses persatu karakter dalam string: "Hello World" [1], dan menggabungkan dua string bersama-sama: "Hello" + "World" . Mari kita memodifikasi program yang kita buat sebelumnya untuk menguji silakan contoh coding dibawah dan jalankan pada text editor klik disini :
package main 
import "fmt"
func main() {    fmt.Println(len("Hello World")) 
   fmt.Println("Hello World"[1])    
fmt.Println("Hello " + "World") }

Beberapa hal yang perlu diperhatikan:
  • Spasi juga dianggap sebagai karakter, jadi panjang string adalah 11 bukan 10 dan baris ke-3 memiliki "Hello", bukan "Hello".
  • String "diindeks" mulai dari 0 bukan 1. ,tanda [1] memberi kamu elemen ke-2 bukan yang pertama. Juga perhatikan bahwa kamu akan melihat 101 bukannya e ketika kamu menjalankan program ini. Ini karena karakter diwakili oleh byte (ingat byte adalah bilangan bulat).
  • Salah satu cara untuk berpikir tentang pengindeksan adalah untuk menunjukkannya seperti ini sebagai gantinya: "Hello World" 1. Kamu akan membaca itu sebagai "String Hello World sub 1," "String Hello World kesatu" atau "Karakter kedua dari string Hello World".
  • Penggabungan karakter string menggunakan simbol yang sama dengan penambahan pada nomor. Kompiler Go mencari tahu apa yang harus dilakukan berdasarkan jenis argumen. Karena kedua sisi akan di + adalah type string, kompilator GO akan menganggap hal itu berarti penggabungan karakter dan bukan penambahan(matematik). 
😊



MATERI GOLANG

Jika kamu baru di pembelajaran golang, silakan untuk belajar dari materi pertama 


Reviewer: FajarYusuf.Com
ItemReviewed: STRING PADA GOLANG

Seseorang yang ingin membagi pengalaman dan ilmu yang berguna untuk para pembaca FajarYusuf.Com :)

2 comments

Mantap banget gan blognya,,,ane dari blog rafie555.blogspot.com

makasih agan,wah rajin blogwalking yah :)

TENTANG SITUS

SITUS INI ADALAH SITUS PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN DAN JUGA PEMAHAMAN TERHADAP TEKNOLOGI KOMPUTER. KALIAN BISA MENGIKUTI PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN DENGAN BERTAHAP PADA MATERI YANG SUDAH SAYA SEDIAKAN, JIKA ADA MATERI YANG MEMBINGUNGKAN SILAKAN LAKUKAN KOMENTAR PADA MATERI YANG ANDA TANYAKAN ATAU KALIAN BISA MENGHUBUNGI SAYA DIHALAMAN KONTAK.