TYPE GOLANG

TYPE GOLANG

Kita menggunakan string tipe data untuk menyimpan kata "Hello World" pada materi sebelumnya. Tipe data mengkategorikan satu set nilai yang terkait, menggambarkan operasi yang dapat dilakukan pada nilai dan menentukan cara variable nilai disimpan. Karena tipe-tipe data dapat menjadi konsep yang sulit untuk dipahami, kita akan melihatnya dari beberapa perspektif yang berbeda sebelum kita melihat bagaimana mereka diimplementasikan dalam Go.

Para filsuf terkadang membuat perbedaan antara tipe dan token. Misalnya, kamu memiliki kucing bernama Milsa. Milsa adalah token dan kucing adalah tipe. "kucing" atau "tipe kucing" menggambarkan serangkaian properti yang dimiliki semua kucing. Meskipun terlalu sederhana, kita mungkin beralasan seperti ini: Semua kucing memiliki 4 kaki, Scooby adalah anjing, oleh karena itu kucing memiliki 4 kaki. 

Jenis dalam bahasa pemrograman bekerja dengan cara yang sama: Semua string memiliki panjang, huruf x adalah string, oleh karena itu huruf x memiliki panjang.

Dalam matematika kita sering membicarakan tentang set. Sebagai contoh: ℝ (himpunan semua bilangan real) atau ℕ (himpunan semua bilangan asli). Setiap anggota set ini berbagi properti dengan semua anggota lain dari kumpulan tersebut. Misalnya semua bilangan asli saling berkaitan: “untuk semua bilangan asli a, b, dan c, a + (b + c) = (a + b) + c dan a × (b × c) = (a × b) × c. ”Dengan cara ini, set mirip dengan tipe dalam bahasa pemrograman karena semua nilai dari tipe tertentu memiliki properti tertentu.

Go adalah bahasa pemrograman yang diketik secara statis. Ini berarti bahwa variabel selalu memiliki tipe tertentu dan tipe itu tidak dapat berubah. Pengetikan statis mungkin tampak rumit pada awalnya. 

Kamu akan menghabiskan banyak waktu hanya untuk memperbaiki program kamu sehingga akhirnya begitu banyak melakukan compile. Namun, type membantu saya berpikir tentang apa yang dilakukan program saya dan menangkap berbagai kesalahan umum yang lebih terarah.

Go dilengkapi dengan beberapa tipe data bawaan yang akan kita lihat lebih detail nanti. 😊




MATERI GOLANG

Jika kamu baru di pembelajaran golang, silakan untuk belajar dari materi pertama 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "TYPE GOLANG"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel