Saturday, November 17, 2018

Variabel Pada GOLANG

Variabel Pada GOLANG

Sampai dimateri ini kita hanya melihat program yang menggunakan nilai literal (angka, string, dll.) Tetapi program semacam itu tidak terlalu berguna. Untuk membuat program yang benar-benar bermanfaat, kita perlu mempelajari dua konsep baru yaitu : variabel dan laporan aliran kontrol. 

Variabel adalah lokasi penyimpanan, dengan tipe tertentu dan nama yang terkait. Mari kita ubah program yang kita coding pada materi sebelumnya sehingga menggunakan variabel,kalian bisa mencobanya menggunakan editor klik disini,dan masukan koding :

package main
import "fmt"
func main() {    var x string = "Hello World"
fmt.Println(x) }
Perhatikan bahwa string literal hasil output dari program materi pertama masih muncul dalam program ini, tetapi daripada mengirimkannya langsung ke menggunakan Println, kita menugaskannya ke sebuah variabel. Variabel di Go dibuat dengan terlebih dahulu menggunakan kata kunci var, kemudian menentukan nama variabel (x), type data (string) dan akhirnya menetapkan nilai ke variabel kata (Hello World). Langkah terakhir adalah opsional sehingga cara alternatif penulisan program akan seperti ini:

package main
import "fmt"
func main () {var x string x = "Hello World" fmt.Println (x)}

Variabel dalam Go mirip dengan variabel dalam aljabar tetapi ada beberapa perbedaan halus :

Pertama ketika kita melihat simbol = kita memiliki kecenderungan untuk mengartikan bahwa "x sama dengan string Hello World". Tidak ada yang salah dengan membaca programnya seperti itu, tetapi lebih baik membacanya sebagai "x mengambil string Hello World" atau "x diberi string Hello World". Pembedaan ini penting karena variabel dapat mengubah nilainya sepanjang masa program. Coba jalankan koding yang berikut ini:
package main
import "fmt"
func main() {    var x string 
x = "Pertama" 
fmt.Println(x) 
x = "Kedua" 
fmt.Println(x) }

Bahkan kamu dapat melakukan ini:
var x string
x = "first"
fmt.Println (x)
x = x + "detik"
fmt.Println (x)
Program ini akan menjadi tidak masuk akal jika kamu membacanya seperti bahasa aljabar. Tetapi masuk akal jika kamu berhati-hati membaca program sebagai daftar perintah. 

Ketika kita melihat x = x + "detik" kita harus membacanya sebagai "menetapkan penggabungan nilai variabel x dan string literal kedua ke variabel x." Sisi kanan = dilakukan pertama dan hasilnya adalah kemudian ditugaskan ke sisi kiri =. Bentuk x = x + y sangat umum dalam pemrograman. Go memiliki pernyataan tugas khusus: + =. Kita bisa menulis x = x + "detik" sebagai x + = "detik". 

Perbedaan lain antara Go dan aljabar adalah bahwa kita menggunakan simbol yang berbeda untuk persamaan: ==. (Dua tanda samadengan di sebelah satu sama lain) == adalah operator seperti + dan mengembalikan boolean. Sebagai contoh silakan ikuti koding berikut :
var x string = "hello"
var y string = "world"
fmt.Println (x == y)
Program ini harus mencetak false dikarenakan hello tidak sama dengan world. 
Di samping itu coba ini:
var x string = "hello"
var y string = "hello"
fmt.Println (x == y)
Ini akan mencetak true karena dua string sama, memiliki kata hello.

Karena membuat variabel baru dengan nilai awal sangat umum, Go juga mendukung pernyataan yang lebih singkat:
x: = "Hello World"
Perhatikan: sebelum = dan tidak ada tipe yang ditentukan. Tipe ini tidak diperlukan karena Go compiler dapat menyimpulkan tipe berdasarkan nilai literal yang kamu tetapkan variabel. (Karena kamu menugaskan string literal, x diberi type string) Kompilator juga dapat melakukan inferensi dengan pernyataan var:
var x = "Hello World"
Hal yang sama berlaku untuk jenis lain:
x: = 5 fmt.Println (x)
Umumnya pada dunia kerja kamu harus menggunakan coding yang lebih pendek ini jika memungkinkan. 😊


MATERI GOLANG

Jika kamu baru di pembelajaran golang, silakan untuk belajar dari materi pertama 


Reviewer: FajarYusuf.Com
ItemReviewed: Variabel Pada GOLANG

Seseorang yang ingin membagi pengalaman dan ilmu yang berguna untuk para pembaca FajarYusuf.Com :)

TENTANG SITUS

SITUS INI ADALAH SITUS PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN DAN JUGA PEMAHAMAN TERHADAP TEKNOLOGI KOMPUTER. KALIAN BISA MENGIKUTI PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN DENGAN BERTAHAP PADA MATERI YANG SUDAH SAYA SEDIAKAN, JIKA ADA MATERI YANG MEMBINGUNGKAN SILAKAN LAKUKAN KOMENTAR PADA MATERI YANG ANDA TANYAKAN ATAU KALIAN BISA MENGHUBUNGI SAYA DIHALAMAN KONTAK.