Sunday, December 23, 2018

Java Development Kit (JDK)

Java Development Kit (JDK)

Java Development Kit (JDK)

Untuk membuat aplikasi Java dibutukan JDK yang ditelah disediakan secara gratis oleh sun Microsystem dan dapat download di www.java.sun.com. Setelah di-install, JDK menyertakan beberapa program penting diantaranya adalah javac.exe sebagai Java compiler dan java.exe sebagai interpreter Java.

Java Development Kit (JDK)
LINGKUNGAN PEMROGRAMAN JAVA

Langkah-langkah pembuatan aplikasi Java adalah sebagai berikut:

Menulis program Java dapat menggunakan teks editor yang telah disediakan oleh masing- masing Sistem Operasi yang digunakan misalnya notepad pada Microsoft Windows atau yang lebih baik lagi menggunakan JCreator hingga Netbeans,atau BlueJ. Pada contoh saya mengunakan BlueJ, Contoh programnya di bawah ini :

public class Contoh1{
public static void main(String args[]){ System.out.print("Halo semua...");
System.out.println("saya sedang belajar Java di FajarYusuf.Com ...!"); System.out.println("Nggak susah belajarnya...");
}
}

Simpan dengan nama file yang sama persis (huruf kapitalnya) dengan nama class dan tambahkan ekstension java di akhir file, yaitu Contoh1.java, kemudian kompilasi file teks dengan perintah ini di lokasi folder tempat file tersebut disimpan.

Perintah diatas akan menghasilkan bytecode dengan nama Contoh1.class. Cara menjalankannya bytecode tersebut dengan perintah java dan file bytecode-nya tanpa diikuti ekstension class.

Untuk yang menggunakan BlueJ akan seperti dibawah ini :

Java Development Kit (JDK)
hasil coding





Reviewer: FajarYusuf.Com
ItemReviewed: Java Development Kit (JDK)

Seseorang yang ingin membagi pengalaman dan ilmu yang berguna untuk para pembaca FajarYusuf.Com :)

TENTANG SITUS

SITUS INI ADALAH SITUS PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN DAN JUGA PEMAHAMAN TERHADAP TEKNOLOGI KOMPUTER. KALIAN BISA MENGIKUTI PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN DENGAN BERTAHAP PADA MATERI YANG SUDAH SAYA SEDIAKAN, JIKA ADA MATERI YANG MEMBINGUNGKAN SILAKAN LAKUKAN KOMENTAR PADA MATERI YANG ANDA TANYAKAN ATAU KALIAN BISA MENGHUBUNGI SAYA DIHALAMAN KONTAK.