Monday, March 25, 2019

Variabel dan Identifier Pada Pemrograman C++

Variabel dan Identifier Pada Pemrograman C++

Lingkup Variabel

Pada C++, kita dapat mendeklarasikan variable dibagian mana saja dari program, bahkan diantara 2 kalimat perintah. variabel Keseluruhan dapat digunakan untuk setiap bagian dari program, maupun fungsi, walaupun melakukan deklarasi pada akhir program.

Lingkup dari variable lokal terbatas. Hanya berlaku dimana variable tersebut dideklarasikan. Jika dideklarasikan pada awal fungsi (seperti dalam main) maka lingkup dari variable tersebut adalah untuk seluruh fungsi main. Seperti contoh diatas, jika terdapat fungsi lain yang ditambahkan pada main(),  maka variable local yang dideklarasikan dalam main tidak dapat digunakan pada fungsi lainnya dan sebaliknya.

Pada C++, lingkup variable local ditandai dengan blok dimana variable tersebut dideklarasikan (blok tersebut adalah sekumpulan instruksi dalam kurung kurawal{}). Jika dideklarasikan dalam fungsi tersebut, maka akan berlaku sebagai variable dalam fungsi tersebut, jika dideklarasikan dalam sebuah looping, maka hanya berlaku dalam looping tersebut, dan seterusnya.


Identifier

Identifier adalah untaian satu atau lebih huruf, angka, atau garis bawah ( _ ). Panjang dari identifier, tidak terbatas, walaupun untuk beberapa compiler hanya 32 karakter pertama saja yang dibaca sebagai identifier (sisanya diabaikan). Identifier harus selalu diawali dengan huruf atau garis bawah ( _ ).


Ketentuan lainnya yang harus diperhatikan dalam menentukan identifier adalah tidak boleh menggunakan keyword dari bahasa C++. Dibawah ini adalah keyword pada pemrograman C++  :

Asm
Auto
bool
break
 case
catch
Char
class
const
const_cast
continue
default
delete
do
double
dynamic_cast
Else
enum
explicit
extern
FALSE
Float
for
friend
goto
If
Inline
int
long
mutable
namespace
New
operator
private
protected
public
register
reinterpret_cast
return
short
signed
sizeof
static
static_cast
struct
switch
template
this
throw
TRUE
Try
typedef
typeid
typename
union
unsigned
Using
virtual
void
volatile
wchar_t
 
 
 
 

Sebagai tambahan, representasi alternatif dari operator, tidak dapat digunakan sebagai identifier.

Contoh      :
and, and_eq, bitand, bitor, compl, not, not_eq, or, or_eq, xor, xor_eqcatatan: 
Bahasa C++ adalah bahasa yang "case sensitive", ini berarti identifier yang dituliskan dengan huruf kapital akan dianggap berbeda dengan identifier yang sama tetapi dituliskan dengan huruf kecil, 

sebagai contoh : variabel RESULT tidak sama dengan variable result atau variabel Result.


Jangan Lupa Berikan Komentar Positif di FajarYusuf.Com


Reviewer: FajarYusuf.Com
ItemReviewed: Variabel dan Identifier Pada Pemrograman C++

Seseorang yang ingin membagi pengalaman dan ilmu yang berguna untuk para pembaca FajarYusuf.Com :)

TENTANG SITUS

SITUS INI ADALAH SITUS PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN DAN JUGA PEMAHAMAN TERHADAP TEKNOLOGI KOMPUTER. KALIAN BISA MENGIKUTI PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN DENGAN BERTAHAP PADA MATERI YANG SUDAH SAYA SEDIAKAN, JIKA ADA MATERI YANG MEMBINGUNGKAN SILAKAN LAKUKAN KOMENTAR PADA MATERI YANG ANDA TANYAKAN ATAU KALIAN BISA MENGHUBUNGI SAYA DIHALAMAN KONTAK.