C++ : Mengisi nilai ke dalam elemen Array

C++ : Mengisi nilai ke dalam elemen Array

Hai Pembaca FajarYusuf.Com yang pintar dan berwawasan tinggi, kali ini FajarYusuf.Com akan post C++ : Mengisi nilai ke dalam elemen Array.

Untuk mengisikan nilai ke dalam elemen-elemen array, kita dapat melakukannya langsung untuk setiap elemen, misalnya seperti berikut:
A[0]=10;
A[1]=20;
A[2]=30;
...
dst

Namun cara ini tidak di rekomendasikan karena tidak efesien untuk pengerjaan. Cara yang lebih umum digunakan oleh banyak programmer untuk mengisikan nilai kedalam elemen-elemen array adalah dengan cara looping (perulangan). Cara ini akan jauh lebih cepat dibandingkan cara manual seperti diatas.

seperti code looping+array berikut ini:
for (int A=0; A<25; A++)
{
cout<<"X["<<A<<"]="; cin>>X[A];
}

Dan berikut ini adalah contoh program yang didalamnya terdapat proses pengisian array dengan menggunakan proses looping atau perulangan.
//C++ : Mengisi nilai ke dalam elemen Array
#include<iostream>
using namespace std;
int main()
{
 int A[5];
 for(int X=1; X<6; X++) //memasukkan nilai array dari 1-5
 {
  cout<<"Memasukkan nilai A indeks ke-["<<X<<"] =";
  cin>>A[X];
 }
cout<<endl;
  for(int X=1; X<6; X++)//menampilkan nilai array dari 1-5
 {
  cout<<"nilai indeks ke-["<<X<<"] = "<<A[X];
  cout<<"  ";
 }
cout<<endl;
cout<<"FajarYusuf.Com";
}
Hasilnya :
C++ : Mengisi nilai ke dalam elemen Array
klik gambar untuk memperbesar
Contoh diatas adalah proses pengisian nilai elemen array pada variabel A dari element ke [1] sampai ke [5] yang dilakukan dengan looping FOR, dengan logika X=1 variabel sebagai syarat atau penentu looping diberi nilai 1 lalu di beri X++ yang artinya setiap looping terjadi X yang bernilai 1 sebelumnya akan ditambah +1, sampai nanti X terpenuhi yaitu X tidak lebih dari 6(X<6).
A[X] adalah kunci dari penentu pengisian nilai element array ini, yang berarti dalam looping tersebut akan terjadi array A element ke satu [A][1] sampai array A element ke lima [A][5] .



Jangan Lupa Berikan Komentar Positif di FajarYusuf.Com
Disqus Comments