Linux : 7 Alasan Pintar Untuk Memakai dan Pindah Ke Linux

Linux : 7 Alasan Pintar Untuk Memakai dan Pindah Ke Linux

Saat kita berbicara tentang sistem operasi, maka kita akan menemukan 3 nama populer, yaitu Windows, Macintosh dan Linux. Memang dari 3 OS tadi, Linux memang bukan yang paling populer, tapi tentunya cukup familiar di telinga kita, lalu sebenarnya, apa sih Linux ?

Sedikit Tentang Linux


Linux merupakan sebuah sistem operasi komputer bertipe UNIX dan dilisensikan di bawah lisensi sumber terbuka.

Pada awalnya, Linux banyak digunakan untuk perangkat server dan digunakan oleh perusahaan ternama seperti IBM, Oracle, Sun Microsystem, RedHat Enterprise dan masih banyak lagi.



Sekarang linux telah banyak digunakan juga untuk keperluan selain server, baik untuk kebutuhan personal, bisnis, edukasi dan masih banyak lagi.

Linux memiliki beberapa OS turunan, turunan OS Linux tersebut di sebut distro Linux, yang dikembangkan oleh komunitas, perusahaan, bahkan perseorangan / personal. Dan juga dibagikan baik secara berbayar maupun gratis.

Lalu kenapa kita harus menggunakan Linux ?

Alasan Harus Pindah / Menggunakan Linux

Sebetulnya ada 1000 alasan yang membuat kita harus menggunakan linux, tapi karena jika saya sebutkan semua akan membuat artikel ini terlalu panjang, maka saya akan sebutkan alasan-alasan utamanya :

Linux 100% Milik Anda dan GRATIS !!

Seperti yang saya sebutkan di atas, bahwa Linux merupakan sistem operasi yang open source dan rata-rata distro Linux menggunakan lisensi publik GPL, sehingga Linux merupakan milik bersama.

Jadi anda diberikan kebebasan untuk menggunakan Linux dari hal A-Z, untuk keperluan personal sampai enterprise, bahkan jika anda mampu, anda bisa membuat OS Linux versi anda sendiri dengan membuat distro Linux sendiri.

Dan karena itulah, kebanyakan distro Linux dibagikan secara gratis.

Aman, Stabil dan nyaman

Setiap OS berbasis Linux, dipastikan aman dari virus, kenapa ? Ada 2 alasan utama mengapa Linux bisa aman dar virus :

Memiliki Repository Perangkat Lunak

Rata-rata distro Linux memiliki repository perangkat lunak (sederhananya seperti Google Play pada Android dan AppStore pada iOS) sehingga pengguna Linux akan memasang aplikasi langsung dari repository.

Lalu apa hubungannya dengan keamanan dari virus ?

Mari kita berpikir, dalam sistem operasi lain yang tidak memiliki repository perangkat lunak, contohnya Windows, maka pengguna akan mencari perangkat lunak tersebut di internet. Sekarang saya tanya, apakah anda pernah salah download aplikasi di OS Windows ? Saya yakin pasti pernah.

Para pembuat virus, memanfaatkan pengguna awam dengan membuat situs web palsu yang membuat pengguna download perangkat lunak yang palsu, dan melalui perangkat lunak palsu tersebut, pembuat virus menyebarkan virusnya.

Dan jika pada OS yang memiliki repository perangkat lunak, pastinya perangkat lunak yang didapatkan dari repository 100% bukan aplikasi palsu dan pastinya aman.

Selain itu setiap perangkat lunak yang ada di repository pasti sudah di cek oleh ITB dan IPB, eh maksudnya tim keamanan agar 100% aman saat digunakan.



Akses SuperUser

Setiap akses yang mengubah file pada sistem Linux memerlukan akses SuperUser (sudo), dan untuk memberikan akses tersebut, anda harus memasukkan kata sandi untuk melakukan verifikasi bahwa aplikasi tersebut anda percayai.



Dengan akses SuperUser, tidak ada perubahan aplikasi dan sistem yang tidak anda ketahui, jadi kalau ada permintaan akses SuperUser tidak jelas anda bisa langsung mengidentifikasi virus tanpa perlu antivirus, dan kalau begitu anda bisa menghapus virus tersebut secara manual.

Pengembangan OS yang Cepat

Linux memiliki fitur yang bisa langsung melaporkan setiap masalah yang terjadi kepada developer linux, yang berada di seluruh dunia (karena developer linux = publik<), sehingga setiap ada celah keamanan pada OS berbasis linux, pasti akan mendapat perbaikan dengan sangat cepat. Selain itu hal ini membuat anda bisa terus merasakan fitur terbaru Linux dan juga mendapatkan OS yang sangat stabil.



Ratusan Pilihan, dan Pilih yang Cocok dengan Kebutuhan Anda

Seperti yang saya sebutkan di atas, Linux memiliki ratusan (bahkan ribuan) distro atau turunan, dengan banyaknya pilihan tersebut anda bisa memilih sesuka hati.

Anda butuh Linux untuk kebutuhan personal / pemula ? Pakai Ubuntu , Butuh untuk keperluan server web ? Pakai CentOS atau RHEL(berbayar). Butuh untuk keperluan studio (baik audio/visual) ? Pakai Ubuntu Studio. Ingin menggunakan Linux untuk pendidikan ? Pilih Edbuntu, OpenSuse Edu, DebianEdu. Anda seorang Gamers ? Pakai SteamOS. Kalau untuk geek / dev ? Pilih Ubuntu, Fedora atau ArchLinux.

Ingin pindah ke Linux dari Windows ? Pakai LinuxMint atau Ubuntu Mate. Kalau pindah dari OSX / Macintosh ? Pakai Elementary OS.

Jadi apapun dan siapapun anda, pasti ada Linux yang cocok untuk anda.

Linux Murah, Bahkan Serba Gratis, tapi Tidak Murahan

Jika di Windows, anda harus mengeluarkan uang Rp 1.550.000,- (Windows 8.1 Core) untuk membeli lisensi OS, belum lagi membeli program aplikasi kantor Rp 779.999,- per tahun (Office 365 Personal).

Jika anda desainer, maka harus membeli lagi aplikasi disain seharga Rp 2.878.560,-* per tahun (U$ 239.88) + Rp 5.988.000,-* (U$ 499.00) untuk aplikasi Adobe Photoshop CS6 dan CorelDraw X7.
* kurs Rp 12.000,-



Berbanding terbalik dengan Linux, mau kerja ? Pakai Libre Office atau Kingsoft Office (GRATIS), anda seorang desainer? Ganti CorelDraw dengan InkScape dan PhotoShop dengan GIMP. Terus mau apalagi di Linux ? Semuanya GRATIS !!



Punya Komputer Tua ? Pasang Linux Aja, Linux itu RINGAN !!

Jika anda mempunyai komputer tua, bahkan yang spesifikasinya masih spesifikasi sebelum zaman batu (akik), misalkan Pentium 3 dan RAM 128MB, anda bisa pasang DSL (Damn Small Linux)), FluxBuntu, atau Puppy Linux. Jika anda memiliki RAM sekitar 384MB, anda sudah bisa menjalankan Xubuntu tersebut dengan lancar.. Luar biasa bukan ?

Jadi tunggu apa lagi, saatnya pindah ke Linux, terutama bagi anda yang menggunakan perangkat lunak bajakan, ingat bahwa setiap perangkat lunak yang di bajak merupakan salah satu bentuk pelanggaran hak cipta, jika anda memiliki karya yang bagus, tentunya anda tidak ingin hak cipta karya tersebut di ambil atau di rusak oleh orang lain.



Untuk itu bagi yang masih menggunakan OS dan perangkat lunak bajakan dari zaman batu ke zaman batu lagi, segeralah mengambil keputusan, beli lisensi asli, atau jika tidak mampu move on ke Linux. Salam #respect.
Artikel Terkait:
Disqus Comments
FajarYusuf.Com - Situs Game Terbaik, Tips Game Terbaru, Juga Web Belajar Pemrograman,
FajarYusuf.Com adalah situs yang memberikan informasi seputar game terpopuler, terbaik dan terbaru. Dapatkan tips dan trik juga didalamnya, disamping itu terdapat juga materi pembelajaran pemrograman yang mudah diikuti dan berisi.
FajarYusuf.Com - Situs Game Terbaik, Tips Game Terbaru, Juga Web Belajar Pemrograman,
FajarYusuf.Com adalah situs yang memberikan informasi seputar game terpopuler, terbaik dan terbaru. Dapatkan tips dan trik juga didalamnya, disamping itu terdapat juga materi pembelajaran pemrograman yang mudah diikuti dan berisi.
FajarYusuf.Com - Situs Game Terbaik, Tips Game Terbaru, Juga Web Belajar Pemrograman,
FajarYusuf.Com adalah situs yang memberikan informasi seputar game terpopuler, terbaik dan terbaru. Dapatkan tips dan trik juga didalamnya, disamping itu terdapat juga materi pembelajaran pemrograman yang mudah diikuti dan berisi.