Penggunaan fungsi logika IF dengan AND, OR dan NOT pada aplikasi excel

Dalam perumusannya AND dan OR digunakan untuk membuat sebuah kondisi yang logikanya lebih dari satu. contoh sederhana secara harpiah adalah ' Pulpen atau Buku ', ' Pulpen dan Buku '.


Sedangkan logika NOT hanya berlaku untuk satu kondisi saja dengan hasil nilainya terbalik atau kebalikan. misalkan jika logikanya benar maka hasilnya salah, jika logikanya salah maka hasilnya benar.


untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut :
http://belajarmicrosoftexceloffice.blogspot.co.id/
Gambar perbedaan AND dan OR
Gambar diatas menunjukan bahwa kolom AND dan kolom OR meberikan hasil yang berbeda, dimana untuk kolom AND ada 2 yang LULUS dan 3 yang GAGAL. sedangkan kolo, OR ada 4 yang LULUS dan 1 yang GAGAL.

penggunaan AND pada aplikasi excel


http://belajarmicrosoftexceloffice.blogspot.co.id/
Gambar rumus fungsi logika IF dan AND
untuk penggunaan AND dalam rumus logika IF harus menentukan dulu dua cell yang menjadi kondisi untuk logika yang akan dibuat. contoh diatas kondisi pertama diwakili oleh kolom A dan kondisi kedua diwakili oleh kolom B. kolom A dan kolom B harus memiliki kondisi angkanya yang lebih dari 75 karena jika ada salah satunya yang mempunyai kondisi nilai kurang dari 75 maka akan dikategorikan FALSE atau SALAH. intinya penggunaan AND harus dua-duanya bernilai TRUE atau BENAR sesuai logikanya yaitu lebih dari 75.

penggunaan OR pada aplikasi excel

Gambar rumus fungsi logika IF dan OR
untuk penggunaan OR tidak jauh berbeda seperti AND hanya kondisinya saja yang berbeda, artinya kedua kolom tidak harus dua-duanya yang bernilai lebih dari 75, cukup salah satunya saja yang bernilai lebih dari 75 maka akan dikategorikan TRUE atau BENAR. intinya penggunaan OR tidak harus dua-duanya bernilai TRUE atau BENAR cukup salah satunya saja. dan jika kedua kolom tidak sesuai kondisi atau kurang dari 75 maka baru akan dikategorikan FALSE atau SALAH.

penggunaan NOT pada aplikasi excel

Gambar rumus fungsi logika IF dan NOT
untuk penggunaan NOT secara penulisan rumus dengan AND dan OR tidak jauh berbeda, hanya dari kondisi yang diambilnya satu. dan untuk NOT ini akan memberikan hasil yang terbalik dari logika. seperti gambar diatas logikanya adalah lebih dari 75, karena menggunakan NOT maka yang nilainya lebih dari 75 akan diberikan hasil FALSE atau SALAH sedangkan yang nilainya kurang dari 75 akan diberikan hasil TRUE atau BENAR. contoh gambar diatas angka 40 karena menggunakan NOT maka hasilnya menjadi LULUS sedangkan angka 90 karena menggunakan NOT maka hasilnya menjadi GAGAL.

begitu mudah bukan penggunaan fungsi Logika IF dengan AND, OR dan NOT. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penggunaan fungsi logika IF dengan AND, OR dan NOT pada aplikasi excel"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel