Batch File

PEMROGRAMAN BATCH

Merupakan sekumpulan perintah DOS yang disusun dan disimpan dalam sebuah file yang berekstensi .Bat. Biasanya dibuat untuk menjalankan tugas-tugas masal secara rutin. Misal kegiatan back up file, menghapus file sementara (file berekstensi tmp, bak, ~), dll. Jadi untuk melakukan tugas2 ini tidak perlu ditulis berulang-ulang.
Batch file pada dasarnya merupakan file teks biasa yang berisi perintah-perintah DOS. Biasanya dituliskan pada notepad, editor pada DOS prompt (Edit.exe), maupun editoreditor lain. 

Pemrograman batch file tidak lain adalah Unix Shell Programming versi Windows . Di dalam DOS, Batch file merupakan file text berisi rentetan perintah yang akan dieksekusi oleh command interpreter untuk kemudian di eksekusi satu persatu secara urut seperti saat kita mengetikan command di MS-DOS hanya saja dengan Batch file perintah-perintah ini dimasukkan kedalam suatu file untuk otomatisasi penggunaannya.


Dalam keseharian file batch ini dapat memiliki 2 fungsi, yakni fungsi positif dan fungsi negatif. Dikatakan berfungsi positif jika bacth file ini digunakan untuk tune up, program administrator, backup, dan lainya. Dan berfungsi negatif jika digunakan untuk membuat virus, cracker, dan sebagainya.


Ke Pembelajaran Batch Programming 
Disqus Comments