GOLANG : Google Language

MENGENAL GO-LANG


Pemrograman komputer adalah seni, keterampilan, dan sains, menulis program yang mendefinisikan bagaimana komputer beroperasi.

Go adalah bahasa pemrograman yang umum dengan fitur-fitur canggih dan sintaks yang mudah dimengerti. Karena itu ketersediaan luas pada berbagai platform, yang kuat perpustakaan umum yang terdokumentasi dengan baik, dan fokusnya pada prinsip rekayasa perangkat lunak yang baik, Go adalah bahasa yang ideal untuk belajar bahasa pemrograman pertama kamu.

Editor Teks

Alat utama yang digunakan programmer untuk menulis perangkat lunak adalah editor teks. Editor teks mirip dengan pengolah kata program (Microsoft Word, Open Office, ...) tetapi tidak seperti program-program seperti itu mereka tidak melakukan format apapun, (No bold, italic,…) sebagai gantinya mereka hanya beroperasi pada teks biasa.

Baik OSX dan Windows datang dengan editor teks tetapi mereka sangat terbatas dan saya sarankan menginstal lebih baik.

Untuk membuat instalasi perangkat lunak ini lebih mudah, penginstal tersedia di situs web buku: http://www.golang-book.com/. Penginstal ini akan menginstal perangkat Goet, setup variabel lingkungan dan menginstal editor teks

Windows

Untuk windows installer akan menginstal editor teks Scite. Kamu dapat membukanya dengan membuka Start → All Programs → Pergi → Scite. Kamu akan melihat sesuatu seperti ini:
Editor teks berisi area teks putih besar di mana teks dapat dimasukkan. Di sebelah kiri area teks ini kamu dapat melihat nomor baris. Di bagian bawah jendela adalah status bar yang menampilkan informasi tentang file dan lokasi kamu saat ini di dalamnya (sekarang ini tertulis bahwa kita berada di jalur 1, kolom 1, teks sedang disisipkan biasanya, dan kami menggunakan baris baru windows-style).

Kamu dapat membuka file dengan membuka File → Buka dan browsing ke file yang kamu inginkan. File dapat disimpan dengan cara ke File → Simpan atau File → Save As.

Berikut ini beberapa pintasan yang paling umum:
  • Ctrl + S - simpan file saat ini
  • Ctrl + X - potong teks yang sedang dipilih (hapus itu dan letakkan di clipboard kamu sehingga dapat disisipkan nanti)
  • Ctrl + C - menyalin teks yang dipilih saat ini
  • Ctrl + V - sisipkan teks yang saat ini ada di clipboard
  • Gunakan tombol panah untuk menavigasi, Home untuk pergi ke permulaian dari garis dan End untuk pergi ke ujung baris
  • Ctrl + F - menampilkan dialog cari di file yang kamu bisa gunakan untuk mencari isi file

OSX

Untuk OSX, penginstal menginstal teks editor:


Seperti Scite pada Windows Text Wrangler berisi yang besar area putih tempat teks dimasukkan. 

FAJARYUSUF.COM GOLANG EDITOR

Untuk kamu yang ingin belajar bahasa golang dengan tidak menginstal editor,kalian bisa menggunakan editor golang fajaryusuf.com disini :





Disqus Comments