PASCAL

 BELAJAR PASCAL

Sebelum kita masuk materi, sebaiknya kita mengenal struktur dalam Bahasa Pemrograman Pascal yang lebih terperinci,untuk memahami pembelajaran materi nantinya.

struktur program Pascal :
Judul program 
Bagian deklarasi 
 deklarasi piranti 
 deklarasi label 
 deklarasi konstanta 
 deklarasi tipe 
 deklarasi variabel 
 deklarasi prosedur 
 deklarasi fungsi 
Bagian pernyataan

Berarti kita dapat menyimpulkan langsung bahwa bahasa Pemrograman Pascal ini mempunyai strukturnya tersendiri. Dalam pengaplikasiannya, tidak harus semua bagian dari struktur tersebut harus komplit seperti itu, tetapi harus disesuaikan dengan kebutuhan dalam aplikasi yang dibutuhkan. Seperti tidak digunakannya judul program, deklarasi label, konstanta, dan yang lainnya.

Penulisan coding pada Program Pascal tidak mengenal aturan penulisan perintah pada kolom-kolom tertentu, tetapi dapat ditulis pada kolom dimanapun dan keberapapun dengan ketentuaan setiap pernyataan harus diakhiri dengan titik koma (;).

Tata cara penulisan coding untuk huruf besar dan huruf kecil diabaikan atau dianggap sama oleh Compiler Pascal.

Sebuah program pascal yang paling sederhana dapat terdiri atas satu pernyataan saja, seperti sintaks coding berikut:

Begin {awal pernyataan }
End. {akhir pernyataan dan diakhiri titik (∙)}


Bentuk umum dari bagian pernyataan tersebut dapat dilihat dibawah ini :

Begin
.
.
.
 pernyataan; {diakhiri titik koma (;)}
.
.
.
End.

Judul program hanya berfungsi untuk memberi identitas dari sebuah program.

Dalam sebuah program pascal hanya terdiri atas satu identitas atau satu kata Program saja.

Setelah kata program harus diikuti oleh sebuah kata yang merupakan sebagai identitas dari program tersebut. Identitas ini merupakan sebuah kata yang didefinisikan oleh programmer sendiri dan harus definite word, dimana ketentuan pada definite word ini adalah:

  • Tidak boleh terdiri atas Spasi
  • Tidak boleh terdiri atas simbol matematika, seperti "+, -, /, *" dan lain-lain. Jika ingin menggunakan simbol gunakanlah simbol non matematika, seperti ": _"
  • Tidak boleh menggunakan kata yang sudah didefinisikan atau sediakan oleh Software Pascal yang disebut Pascal definition word, seperti Begin, End, Write, Read, dan sebagainya
Bagian deklarasi wadah atau tempat untuk mendefinisikan piranti (unit) input dan output (I/O) yang dibutuhkan oleh program. Beberapa jenis piranti (unit) yang telah disediakan oleh pascal adalah:

  • Crt, yaitu piranti atau unit yang mengatur media monitor dan keyboard, seperti penggunaan perintah Clrscr untuk menghapus layar, dan Gotoxy untuk mengatur posisi tampilan di layar.
  • Printer, unit yang berguna untuk mengatur printer, seperti penggunaan perintah lst.
  • Graph, unit yang berguna untuk perintah yang berorientasi ke tampilan grafik.
  • Overlay, unit untuk pengaturan pembagian sebuah aplikasi menjadi dua atau lebih program.

Cobalah untuk memilih Pelajaran Pemrograman dan belajar dari Materi Pertama
EmoticonEmoticon


TENTANG SITUS

SITUS INI ADALAH SITUS PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN DAN JUGA PEMAHAMAN TERHADAP TEKNOLOGI KOMPUTER. KALIAN BISA MENGIKUTI PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN DENGAN BERTAHAP PADA MATERI YANG SUDAH SAYA SEDIAKAN, JIKA ADA MATERI YANG MEMBINGUNGKAN SILAKAN LAKUKAN KOMENTAR PADA MATERI YANG ANDA TANYAKAN ATAU KALIAN BISA MENGHUBUNGI SAYA DIHALAMAN KONTAK.

https://smallseotools.com/